Reksadana Online, Solusi Investasi Muda Mudi

Reksadana Online, Solusi Investasi Muda Mudi

Redaksana Online sepertinya jadi satu produk yang bisa jadi solusi untuk kita, orang muda yang akrab dengan dunia online.
Memang untuk era globalisasi seperti sekarang ini, segala sesuatu memang harus serba dimudahkan. Semudah memainkan jari membuka social media untuk meng-update status kita. Kemudahan melakukan sesuatu dengan online kini bukan semata untuk hal seperti update status di social media atau chatting, tapi lebih dari itu.

Kini kegiatan yang bisa dilakukan dengan online sudah merambah ke segala dimensi. Dari belanja online, pesan makan online, pesan tiket dan hotel untuk liburan online, baca berita secara online, kencan online, transportasi online, radio online dan sebagainya. Bahkan bisa dibilang sekarang segala sesuatu yang kita lakukan dapat dilakukan dengan online.

Kegiatan online juga sudah lama memasuki dunia finansial, seperti perbankan online. Kini setiap bank yang ada, semuanya punya fasilitas ini. Ini adalah langkah berikut dari transaksi perbankan yang tadinya harus dilakukan langsung di teller bank cabang, lalu ke mesin ATM, ke desktop dan laptop, sampai akhirnya transaksi dapat dilakukan jari kita dengan smartphone.

Semua kegiatan yang dilakukan dengan online tadi didasari oleh satu hal; yaitu memudahkan kita. Dengan jalanan yang macet, kerjaan yang menumpuk, waktu jadi satu hal yang sangat berarti. Kini kita bisa mengecek barang incaran kita di online shopping sambil memesan makan untuk makan siang dan membeli tiket nonton dalam waktu yang hampir berbarengan. Tentu saja hal ini juga sangat diharapkan kita yang ingin memulai investasi. Jawaban itu ada di reksadana online.

Mengenal Reksadana Online
Sebenarnya reksadana online sudah ada sebelum tahun 2014, tetapi baru jadi tren setelah tahun itu. Awalnya ketika kita membuka rekening kita memang tetap harus tatap muka dengan penyedia reksadana. Namun setelah itu semua dimudahkan karena transaksi bisa dilakukan secara online. Transaksi jual beli reksadana bisa dilakukan melalui desktop, laptop, tablet, dan smartphone, kapan saja dan dimana saja.

Reksadana online tidak mengenal proses penyerahan dokumen dengan tanda tangan basah (wet signature) lagi, bahkan kita tidak perlu menemui manajer investasi atau agen penjualnya. Lagi-lagi ini kembali ke fungsi awal kegiatan online yaitu memudahkan orang yang ingin melakukan kegiatan itu. Terlebih lagi, tidak seperti mall, resto, taxi, media dan lain-lain yang serba online juga banyak ada di sekitar kita, kantor agen penjual reksadana tidaklah banyak dan tidak tersebar merata di Indonesia. Namun banyak calon investor yang sesungguhnya ingin berinvestasi reksadana.

Reksadana online juga makin digemari karena biasanya reksadana dengan platform online tidak mengambil biaya transaksi selain biaya yang dikenakan oleh beberapa manajer investasi. Dengan biaya transaksi yang sedikit, jelas menguntungkan investor dan hasil investasi yang didapat akan lebih banyak karena investor tidak lagi memperhitungkan biaya transaksi yang seringkali menyedot dana investor.

Seperti halnya transaksi perbankan, transaksi reksadana dengan platform online juga punya sistem keamanan yang bisa membuat investor nyaman. Nah, seperti halnya platform yang bisa digunakan untuk bertransaksi, kita harus teliti untuk mengetahui tingkat keamanannya. Bagaimana manajemen username, password, dan token atau PIN tradingnya.

About admin

Check Also

Shopaholic, Tobatlah! Ini Kerugian dari Kebiasaan Boros ini

Shopaholic, Tobatlah! Ini Kerugian dari Kebiasaan Boros ini Apakah kamu pernah menonton film ‘Confessions of …