Siapkah Kamu Melewati 5 Tahap Dalam Hidup Ini

Siapkah Kamu Melewati 5 Tahap Dalam Hidup Ini?

Hidup merupakan proses belajar yang nggak akan pernah ada habisnya. Setuju? Yup, setiap momen kehidupan tentu mengajarkan banyak hal yang bermanfaat sampai kita tua nanti. Namun, pastinya nggak jarang juga kan kamu kelimpungan kala menghadapi berbagai permasalahan dalam hidup?

Eits.. masalah jangan dipikirin terus-terusan dan menjadi beban, ya. Selagi muda, banyak banget lho hal positif yang dapat kamu lakukan. Yang penting, kamu harus siap melewati lima tahap kehidupan di bawah ini:

Tahap Pertama: Masa Muda atau Single

Masa muda atau single memang waktu tepat untuk menikmati setiap momen kehidupan, mulai dari nongkrong bareng teman-teman, hingga traveling ke berbagai destinasi menarik. Namun, ada hal penting yang perlu kamu siapkan di tahap ini demi masa depan yang lebih baik. Ya, kamu harus menetapkan tujuan hidup yang ingin dicapai, misalnya kemapanan finansial di hari tua. Kamu bisa mewujudkannya dengan investasi, lho. Dengan modal Rp 50.000 saja, kamu sudah bisa mulai berinvestasi dengan reksa dana. Disarankan untuk memilih produk investasi reksadana untuk pemula yang aman karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Mandiri Investasi.

Tahap Kedua: Menikah

Pada tahap ini, kamu sudah tidak memikirkan diri kamu sendiri, karena kini kamu sudah memiliki pasangan hidup. Biaya pernikahan dan rumah idaman tentu bukan masalah jika kamu sudah melakukan tahap pertama dengan konsisten. Apakah kamu dan pasangan ingin punya mobil impian? Raih dengan investasi sejak dini! Baiknya lagi, sekarang ada investasi reksadana online yang menyediakan kalkulator finansial, lho. Jadi, kamu bisa mengakses portoflio investasimu kapan dan di mana saja, serta menghitung berapa biaya investasi yang dibutuhkan untuk mencapai target.

Tahap Ketiga: Hadirnya Sang Buah Hati

Jika pada tahap kedua tadi kamu memikirkan bagaimana hidup berdua dengan pasangan, kini keluarga kecilmu bertambah satu orang lagi! Yup, hadirnya si kecil akan memberi warna tersendiri dalam hidup. Selain itu, kamu tentu juga perlu mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin. Kelola penghasilan dan tabunganmu dengan baik supaya dana nggak menjadi penghalang saat mencari sekolah untuk sang buah hati.

Tahap Keempat: Buah Hati Beranjak Dewasa

Pada dasarnya, kewajibanmu sebagai orang tua adalah menanggung semua biaya pendidikan anak sampai ia lulus kuliah. Kalau kamu sudah terbiasa berinvestasi sejak muda, tentu hal ini bukan masalah. Ditambah lagi jika kamu memiliki visi dan misi yang jelas sedari muda. Ketika sang buah hati sudah lulus dan bekerja, kamu pun semakin lega untuk menghadapi hari tua nanti, bukan?

Tahap Kelima: Masa Pensiun

Masa pensiun merupakan masa yang harus dipersiapkan selagi muda saat kamu masih produktif dulu. Hal ini dikarenakan, pendapatan di usia senja tidak sebesar di usia produktif. Namun, kalau kamu sudah terbiasa berinvestasi sejak dini, tentu masa tuamu akan lebih terjamin. Serius? Serius! Investasi dapat memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Bayangkan saja bila kamu berinvestasi selama puluhan tahun. Dengan begitu, kamu jadi mapan secara finansial di hari tua. Jaga juga kesehatanmu, ya. Selamat berinvestasi selagi muda!

About admin

Check Also

Sebelum Investasi, Kenali Dulu Soal Pasar Modal

Sebelum Investasi, Kenali Dulu Soal Pasar Modal Nggak cuma menabung, menyisihkan sebagian uang untuk berinvestasi …